Sumber Daya Alam (disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jenis SDA dibagi menjadi dua, yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat di perbaharui meliputi air, tanah, tumbuhan dan hewan. SDA ini harus kita jaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem. SDA yang tidak dapat diperbaharui yakni barang tambang contohnya minyak bumi, batu bara, timah, dan nikel. Maka dari itu, kita harus menggunakan SDA ini dengan sebaik mungkin.

Sumber daya alam buatan dihasilkan dari pengembangan sumber daya alam hayati atau sumber daya alam nonhayati yang ditunjuk untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kemampuan daya dukungnya antara lain hutan buatan, waduk, dan jenis unggul.

Sumber daya alam mencakup sumber daya lahan, hutan, air, dan mineral. Sumber daya alam ini merupakan modal utama untuk pelaksanaan aktivitas pembangunan yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat.

Sumber daya alam di Desa Banyior berasal dari sektor pertanian dan sektor perternakan. Pada sektor pertanian menghasilkan sumber daya alam berupa Jagung, Padi, Kangkung, Singkong, Umbi-Umbian dan tanaman jenis lainnya. Sedangkan, di sektor perternakan yakni berupa sapi dan kambing.


0 komentar:

Posting Komentar

About

Popular Posts

Blog Archive